7 TIPS SUKSES JOBS INTERVIEW

Dengan persiapan yang tepat, siapa pun dapat menjalani Jobs interview kerja dengan baik. Pada umumnya pencari kerja benar-benar akan merasa    bahagia jika menerima panggilan interview untuk pekerjaan yang diidamkan. Tentunya setiap calon karyawan merasa sedikit gugup dan nervous dalam mempersiapkan jobs  interview yang ditunggu tunggu ini. Apalagi pemberitahuan untuk dilakukan interview sering sekali secara mendadak.Tidak semua orang dapat menghadapi interview apalagi anda bukanlah orang yang pandai dalam berkomunikasi. Nah ... apa saja sih yang harus dipersiapkan dan dilakukan dalam menghadapi interview ini agar bisa sukses dan diterima sebagai karyawan?

1. Tentu saja, setiap orang membutuhkan persiapan.
Anda harus mempersiapkan  kemungkinan pertanyaan dan jawaban yang akan ditanya oleh team penguji kepada anda. Perlu juga dibuat catatan dan jawabannya untuk dibaca sebelum interview berlangsung. Yang terpenting untuk anda ingat adalah mengenai : 
  • Pengetahuan tentang perusahaan yang anda lamar, perusahaan bergerak dalam bidang apa. Anda dapat mencari profile company perusahaan di Google. 
  • Mengapa minat untuk bergabung dengan perusahaan ini. Ini merupakan pertanyaan yang selalu dipertanyakan oleh penguji. Jawablah pertanyaan bahwa anda ingin mendapatkan new challanges dan mengembangkan karir dengan menempati posisi yang anda lamar.
  • Darimana anda mendapat informasi lowongan pekerjaan / posisi yang sedang diperlukan. Anda dapat menjelaskan kepada penguji bahwa anda mendapatkan info loker misalnya dari media sosial, Web penyedia loker di internet, dari teman dan lain sebagainya.
2. Berlatihlah
Latihan untuk berbicara dalam menyampaikan jawaban kepada penguji harus anda latih. Dengan sering latihan anda akan mendapatkan suasana yang lebih rileks dan tidak gugup dalam menjalankan tes interview. Anda dapat menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya seperti profile company perusahaan, jabatan dan uraian pekerjaan ( Job Description ). Latihan dapat anda lakukan dengan cara :
  • Di depan cermin, berlatih berbicara didepan cermin membuat anda dapat melihat langsung ekspresi wajah anda dan meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi. Anda dapat membuat dan melihat ekspresi yang menyenangkan saat berlatih di depan cermin. Bagaimana anda membuat mimik wajah dan intonasi suara pada tutur kata kata teratur dan terarah  yang anda ucapkan. Ekspresi wajah yang menyenangkan dan enak dilihat membuat kesan tersendiri bagi team penilai. 
  • Bersama teman-teman, dimana teman anda seolah team penguji, anda berbicara pada mereka sebagai audience, ini dilatih  untuk meningkatkan rasa percaya diri dan melatih keterampilan berkomunikasi  anda dengan orang lain. Sebagian orang pintar berbicara saat sendirian, tetapi banyak yang berbicara didepan beberapa orang bisa menjadi gugup, sehingga segala sesuatu yang ingin disampaikan menjadi buyar akibat gugup. Dengan berlatih dihadapan teman teman, anda dapat lebih santai dalam menyampaikan jawaban ataupun ide ide yang cemerlang. Teman anda juga memberikan kjoreksi yang baik kepada anda untuk diperbaiki. Ketika saatnya interview, anda akan lebih fokus dan percaya diri pada jawaban dari pada anda merasa gugup dan cemas.
3. Penampilan dan pakaian
Anda juga perlu memikirkan pakaian apa yang akan anda kenakan, tentunya pakaian yang sopan dan rapi serta selaras warna baju.  Anda harus memahami bahwa pakaian harus selaras dengan pekerjaan yang anda inginkan.  Namun demikian, tidak ada rekomendasi yang jelas tentang pakaian yang dikenakan saat interview, kecuali ada pemberitahuan terlebih dahulu dari pihak penyedia kerja, misalnya dress code Kemeja putih dan celana bagi laki laki atau rok hitam

untuk wanita.



4. Ceritakan tentang kemampuan  Anda.
Ceritakan lebih banyak tentang keterampilan anda dibidang pekerjaan yang dilamar secara spesifik. Misalnya penguasaan terhadap aplikasi komputer, kompetensi yang anda miliki, standar yang anda gunakan dalam menentukan parameter pengukuran, material, prosedur pengujian yang me refer kepada standar dunia seperti ISO, ASTM, ASME, AWS, IEEC dan lain lain. Ceritakan juga mengenai keterampilan anda yang lainnya diluar konteks pekerjaan seperti  keterampilan menulis yang brilian, pemikiran kreatif, ketekunan dan kemandirian. Beberapa perusahaan sangat menghargai kemampuan karyawannya  yang memiliki kemampuan ekstra selain dibidang pekerjaannya, jadi ini bisa menjadi plus poin. Dalam interview anda tidak perlu mengatakan tentang kelemahan anda seperti  bahwa Anda suka mengomel atau suka marah  ketika seseorang mengganggu anda, hehehehehe.....

5. Membuat kontak mata

Sebagian orang beranggapan jika seseorang tidak menatap mata lawan bicaranya, ia akan menganggap ini sebagai cara untuk menyembunyikan sesuatu. Memang terkadang hal ini tidak mudah untuk dilakukan. Namun, terkadang hal-hal dalam hidup yang Anda tidak mudah dilakukan membantu anda untuk mencapai hasil yang luar biasa. Akan membuat anda lebih confidence didepan team penguji. Berlatihlah  dengan teman anda atau dengan orang yang dicintai untuk merasa nyaman saat wawancara.


6. Mengekspresikan pikiran Anda dengan jelas
Jawablah  setiap pertanyaan yang disampaikan oleh team penguji secara jelas dan gamblang  dengan ekspresi yang meyakinkan dan confidence . Karena penguji akan menilai kemampuan anda dalam menyampaikan materi, penguasaan terhadap pekerjaan dan cara berkomunikasi anda, apakah mudah dipahami atau tidak. Ini terkait kepada kemampuan anda berkomunikasi adengan orang lain secara verbal dan cara anda berinteraksi dengan team anda. 

7. Jangan membuat penilaian tidak baik untuk perusahaan Lama anda
Hal yang tidak disukai oleh semua orang termasuk team penguji adalah mengatakan sesuatu yang tidak baik untuk sesuatu hal atau tempat kerja lama  yang pernah dilaluinya. Sebagai contoh anda pernah bekerja disuatu tempat, saat interview ditempat yang baru anda mengungkapkan segala kekurangan perusahaan lama anda kepada team penguji. Jangan pernah menyampaikan hal-hal yang tidak baik tentang tempat kerja anda  yang sebelumnya. Jawaban seperti ini akan membuat image yang tidak baik untuk anda ( negative attitude). 
Guyssss.... inilah tips yang dapat anda gunakan untuk menghadapi tes interview anda.  Tulisan ringkas ini akan sangat bermanfaat bagi anda dalam menghadapi interew. SELALU SEMANGAT


Salam Sukses

Dedi Winata


Popular posts from this blog

5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

PEMBENARAN DALAM ORGANISASI YANG TIDAK MEMILIKI MANAGEMENT